Belajar Fotografi dengan kamera Semipro

Kamera semipro Nikon D80 apakah masih layak di beli ?
Apa itu kamera Semipro ?
Kamera Semipro sering dikenal dengan kamera semi profesional, biasanya digunakan untuk pengguna level fotografi kelas menengan dengan budget relatif lebih murah dari pada kamera pro atau kamera medium format. Kamera semipro biasanya memiliki ciri untuk putaran ulir sendiri untuk seting aperture ( F ) dan setting kecepatan seperti gambar dibawah ini.
Fungsi dari 2 ulir tersebut adalah untuk memudahkan pengguna saat merubah setingan aperture, shutterspeed, selain itu kamera dilengkapi dengan 2 buah LCD yang ada di belakang dan Atas ini tentunya akan memudahkan fotografer untuk melihat setingan dengan lcd atas bila butuh cepat melakukan setingan tanpa harus membali layar menghadap mata. 

Harga kamera Semipro
Harga kamera jenis DSLR semipro tentunya lebih mahal dari pada kamera jenis dslr amatir. seperti Canon eos 700d harga baru 6 jutaan dan semipro canon eos 70d dengan harga baru 12 jutaan. 

Kelebihan Kamera Semipro
Ada beberapa setingan yang lebih lengkap serta key cepat yang memudahkan pengguna fotografer semipro atau pro dalam mengambil gambar secara cepat dengan setingan yang di inginkan tanpa harus mencari dari layar utama. guna menghindari hilangnya momen penting dalam hitungan detik.

Kelebihan lainnya memiliki body yang lebih kokoh serta shutter motor yang lebih kuat tahan dari berbagai macam guncangan suhu dan segala medan. 
Serta memiliki tingkat akurasi fokus yang tentunya lebih baik dan lebih tepat. serta suport berbagai macam lensa yang tidak support di body amatir, contoh lensa nikon 50mm afd, autofocus tidak jalan di nikon d3100 ( kamera amatir ) namun jalan di nikon d90 ( kamera semipro ) karena untuk nikon kamera semipro rata -rata undah berbody motor yang bisa menggerakkan AF pada lensa jenis AFD seperti Nikon 50mm f1,8D, atau lainnya.

Contoh Jenis kamera semipro berdasarkan merk
canon : canon eos 20d, canon eos 30d, canon eos 40d, 60d, 70d, 80d, 7d, 5d, 6d dan lainnya
Nikon : Nikon d70, d70s, d80, d90, d7000, d7100, d7200, dll

Apakah kamera jenis semipro pasti lebih baik dari pada jenis amatir ?
jawabannya adalah berdasarkan tahunnya, contoh nikon d80 jenis semipro kita bandingkan dengan kamera dslr jenis amatir tahun saat ini seperti nikon d5500, tentu dari skor masih lebih menang nikon d5500 karena dengan image processing yang tentunya lebih pintar dan canggih untuk olah gambar sebaik mungkin. klo d80 ya perbandingannya dengan seri nikon d3000 atau canon eos 1000d, yang tahunnya hampir mirip, klo d5500 kita cari perbandingan semipro ke seri d7100 nikon atau d7200

Comments