Err01 pada Lensa kamera DSLR


Err01 pada Lensa kamera DSLR
Err01 pada Lensa kamera DSLR
Banyak Sekali kendala yang kita temui pada beberapa kamera saat dipakai untuk menggambil gambar dengan F / Aperture tertentu kadang terdapat sebuah error yang ditampilkan pada layar kamera. salah satu di atantaranya adalah "ERR01" - err 01, kerusakan tersebut disebabkan oleh lensa bukan pada body dslr. kerusakan tersebut sering terjadi pada lensa tele dan beberapa lensa kit. 

Err 01 adalah sebuah error ( gagal perintah ) pada lensa kamera pada bagian  membuka, menutup aperture ( F ) yang disebabkan oleh : 
1. Putusnya kabel fleksible Aperture ( f ) pada lensa
2. Motor / dinamo aperture Mati
3. Stuck / ngadat pada gear aperture
4. kotor pada bagian penghubung lensa atau body
5. Dan beberapa penyebab lain

Diagnosa pada body kamera yang terdapat err 01 sebaiknya dicoba dulu memasang lensa lainnya. dan lensa err01 juga coba di pasang di body lainnya. jika terdapat err01 pada body lain maka pastinya telah disebabkan oleh lensa.
Memperbaiki Lensa Kamera Err 01 : 
Membongkar lensa dan melihat kabel fleksi aperture jika tidak ada yang putus tes motor dengan dengan tegangan tertentu jika normal maka test putaran f geser kiri kanan untuk buka dan tutup. misal kesulitan bisa di konsultasikan kerusakan lensa kamera di service lensa - kamera terdekat di kota anda. 



Comments